Sunday, November 18, 2012

MELAYANI TUHAN DAN MELAYANI PEKERJAAN TUHAN


MELAYANI TUHAN DAN MELAYANI PEKERJAAN TUHAN
Pdt. Eli Yunus
13 November 2012
2 Kor 3 : 1 – 18
Ibadah menurut kata aslinya merupakan menyembah dan melayani. Ada dua ekstrem di kalangan jemaat kristiani yang patut kita hindari. Yang pertama, adalah orang – orang yang melayani Tuhan tetapi tidak melayani pekerjaan Tuhan. Bisa dibilang golongan ini adalah ahli – ahli farisi zaman modern, mereka mengerti dan memiliki pengetahuan yang dalam tentang kebenara, tetapi tidak menjalankannya, tidak rela mengorbankan waktu dan tenaga untuk melayani Tuhan melalui sesamanya. Golongan kedua adalah jemaat yang melayani pekerjaan Tuhan tetapi tidak melayani Tuhan. Golongan satu ini tidak kalah kacaunya, mereka sibuk dalam pelayanan baik di gereja maupun di kampus, tetapi pelayanan tersebut tidak diimbangi dengan hubungan pribadi dengan Tuhan. Sehingga semua jerih lelah mereka dalam pelayanan menjadi sia – sia karena tidak dilakukan dengan hati yang fokus kepada Tuhan.


Seharusnya kita ini melayani Tuhan dan sekaligus melayani pekerjaan Tuhan. Sehingga kita bertumbuh ke dua arah. Kerohanian kita dan relasi kita dengan Tuhan terbangun, selain itu kita juga melayani sesama dan mengalami pembentukan karakter yang semakin hari semakin menyerupai Kristus. Ciri seseorang melayani Tuhan dan melayani pekerjaan Tuhan yang harus kita terapkan dalam pelayanan kita , :

1.       Menghayati Keselamatan à sadari bahwa kesempatan kita melayani Dia adalah anugrah. Dan mengapa kita melayaninya ? Karena Ia telah lebih dulu melayani kita dengan mati di atas kayu salib dan menebus dosa – dosa kita.

2.       Jadikan pelayanan sebagai suatu KEBERADAAN HIDUP à Kita pelayanan bukan hanya di gereja, bukan hanya di persekutuan kampus, melainkan seluruh kehidupan kita adalah pelayanan itu sendiri ..! Jangan jadi bunglon !

3.       Pelayanan adalah karya Tuhan dalam kehidupan kita à Menjadikan hubungan pribadi kita dengan Tuhan sebagai sumber kekuatan dalam pelayanan. Karena Dialah yang memampukan kita untuk melayaniNya.

4.       Membawa perubahan hidup à Melayani Tuhan dan melayani pekerjaan Tuhan pastilah akan membawa orang – orang untuk mengalami perjumpaan dengan Kristus, sehingga kehidupan mereka dapat diubahkan dan diperbaharui.

5.       Bersifat MULIA à Pelayanan yang kita lakukan seharusnya menyatakan kemuliaan Tuhan melalui kehidupan kita. Dan kemuliaan yang dari padaNya ini bersifat kekal.

Selamat Melayani ~

1 comment: